Android Developer, Profesi yang Paling Banyak Dicari Perusahaan

Android Developer menjadi salah satu profesi yang laris manis diburu perusahaan Informasi dan Teknologi sejalan dengan maraknya pemakaian sistem operasional buatan Google ini di seluruh dunia.

Data dari Google pada Mei 2017 menyebutkan terdapat lebih dari 2 miliar perangkat Android yang aktif di seluruh dunia. Android masih menjadi favorit mayoritas pemakai ponsel cerdas ketimbang pesaing terdekatnya, iOS buatan Apple Inc.

Tak pelak, banyak perusahaan, baik yang bergerak di sektor IT atau bukan, yang menyasar pasar Google Play Store untuk merengkuh konsumen baru atau mempererat hubungan dengan konsumen lamanya. Di sinilah peran Android Developer sangat penting guna menciptakan aplikasi berbasis Android.

Android developer

Tugas Android Developer

Secara garis besar, seorang Android Developer adalah seorang software developer yang bertugas merancang aplikasi untuk marketplace Android. Jenis yang mereka kerjakan mencakup aplikasi dan game, baik untuk ponsel cerdas Android atau tablet. Anda yang tertarik menjadi Android Developer dapat bekerja di perusahaan besar atau agensi pengembangan aplikasi.

Tugas terbesar seorang Android Developer adalah merancang dan membangun aplikasi untuk ponsel cerdas Android. Biasanya, mereka akan memakai bahasa pemrograman, seperti C/C++, JavaScript atau alat lainnya.

Profesi Android Developer bukanlah pekerjaan seorang diri. Ia harus bisa bekerja dengan mitra sesama tim. Misalnya, mereka akan berkolaborasi dengan tim dari Product Development dan User Experience untuk memutuskan dan mendesain fitur sesuai kemauan pengguna.

Tugas lainnya adalah bekerja dengan sumber data eksternal dan API. Untuk mengerjakannya, Android Developer harus meneliti dan menganalisa data yang didapatkan sebelum merancang aplikasi.

Tak ketinggalan adalah memperbaiki bug dalam aplikasi yang sudah ada setelah aplikasi meluncur ke publik. Agar menjadi andalan perusahaan, seorang Android Developer harus mengikuti perkembangan tren aplikasi ponsel cerdas terbaru. Mereka harus mampu mengevaluasi peralatan baru untuk ditawarkan ke publik.

Keahlian dan Kualifikasi Android Developer

Pastinya terjun menjadi Android Developer memerlukan keahlian dan persyaratan tertentu. Sebaiknya Anda mengantongi ijazah universitas dari jurusan Ilmu Komputer, Teknik Komputer atau yang berkaitan. Pengembang Android harus akrab memakai software development dan Android development. Akan lebih baik lagi jika Anda telah pernah membuat setidaknya satu aplikasi Android yang telah tayang di marketplace Android.

Pengetahuan tentang Android SDK, API, peralatan pihak ketiga dan beberapa bahasa pemrograman, mutlak dikuasai. Bahasa pemrograman tersebut mencakup Java, XML, Android SDK, Android Studio, API, C/C++, MYSQL database dan Adobe ActionScript.

Karir Android Developer

Ada banyak profesi turunan dari Android Developer yang bisa Anda pilih untuk difokuskan. Sebagai contoh adalah Mobile ArchitectAndroid EngineerMobile App DeveloperMobile Lead Software EngineerAndroid Mobile DeveloperMobile Developer dan Mobile Embedded Software Engineer.

Apakah anda tertarik dan mencari Lowongan Android Developer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Bocoran Soal Tes Android Developer Terlengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat