Bocoran Pertanyaan Interview Scala yang Wajib Dipahami

Scala Developer merupakan salah satu pekerjaan yang saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan besar didunia. Oleh karena itu, peluang kerja dibidang inipun masih terbuka. Nah bagi Anda yang merupakan freshgraduate yang ingin bekerja sebagai scala developer, ada baiknya mempersiapkan dahulu sebelum melakukan wawancara scala dengan membaca bocoran pertanyaan interview scala berikut ini.

Beberapa Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Scala

Pertanyaan Interview Scala

  • Definisikan Scala

Jawaban: Scala adalah bahasa pemrograman Hybrid berbasis Java yang menggabungkan fitur bahasa pemrograman berorientasi fungsional dan objek. Scala digunakan dengan integrasi dengan mesin Virtual Java dan dapat mengkompilasi kode tertulis.

  • Bagaimana Scala merupakan bahasa pemrograman dengan kombinasi pemrograman fungsional dan berorientasi objek?

Jawaban: Bahasa pemrograman Scala memperlakukan setiap nilai sebagai objek, termasuk juga fungsi.

  • Framework apa saja yang didukung oleh Scala?

Jawaban: Framework yang didukung oleh Scala, antara lain Spark, Play, Akka, Neo4j, Bowler, Scalding, Lift, dan Scala.

  • Apa saja jenis variabel di Scala?

Jawaban: Ada dua jenis variabel dalam Scala, yaitu variabel yang dapat berubah dan variabel yang tidak dapat diubah.

  • Apakah fitur variabel yang dapat diubah?

Jawaban: Variabel yang dapat berubah dapat dinyatakan menggunakan kata kunci var. Nilai dalam variabel ini mendukung perubahan.

  • Apakah fitur variabel yang tidak dapat diubah?

Jawaban: Variabel yang tidak dapat diubah dapat dinyatakan menggunakan kata kunci val. Nilai dalam variabel ini tidak mendukung perubahan.

  • Apakah stream di Scala dan manfaatnya?

Jawaban: Stream merupakan sebuah Lazy list yang membantu dalam evaluasi elemen hanya jika diperlukan. Stream berguna untuk membantu meningkatkan kinerja program.

  • Apa keunggulan Scala?

Jawaban: Beberapa keunggulan Scala, adalah scalable, dapat dipelihara, produktif, pemrograman bersamaan, terdiri dari kode Tuples yang dapat diuji, kode ringkas, dan tidak ada kode Boilerplate.

  • Apa saja operator yang ada di Scala? 

Jawaban: Operator yang berbeda di Scala adalah operator penugasan, relasional, logika, aritmatika, dan bitwise.

  • Apa itu Rekursi di Scala dan contohnya?

Jawaban: Rekursi disebut sebagai fungsi di Scala yang memanggil dirinya sendiri. Ketika fungsi A memanggil fungsi B, yang selanjutnya memanggil fungsi C, maka itu disebut rekursi dalam Scala dan banyak digunakan dalam pemrograman fungsional.

  • Apa itu Tail Recursive?

Jawaban: Tail recursive merupakan panggilan kembali ke fungsi yang seharusnya menjadi fungsi tugas akhir yang akan dilakukan.

  • Apa itu Tuple di Scala?

Jawaban: Tuple di Scala menggabungkan jumlah item yang terbatas menjadi satu sehingga pemrogram dapat mengirimkan tuple secara keseluruhan.

Selain berbagai pertanyaan di atas, pertanyaan interview scala lainnya juga terkait menambahkan data dalam daftar, sintaks dan cara membuat Array, set Scala, perbedaan var dan value, BitSet, objek, fungsi tingkat tinggi, cakupan variabel, fields, closure, serta perbedaan Scala dan Java.

Baca juga : Contoh Pertanyaan Saat Interview Software Engineering

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat