Bocoran Pertanyaan Interview Software Quality Assurance

Saat ini, kebutuhan perusahaan terhadap profesi software quality assurance semakin meningkat. Oleh karena itu, lowongan kerja software quality assurance banyak dibuka dan pastinya peluang untuk terjun dibidang ini sangatlah besar. Nah jika Anda merupakan seorang IT freshgraduate, dan ingin bekerja sebagai software quality assurance, wajib tahu daftar pertanyaan interview software quality assurance berikut ini.

Pertanyaan Interview Software Quality Assurance

Interview Software Quality Assurance

Sumber Foto : logique.co.id

1. Mengapa Anda ingin menjadi Software Quality Assurance?

Pihak recruiter menanyakan ini karena ingin mengetahui, apa yang menjadi motivasi kerja Anda selama ini dan mengapa posisi ini cocok.

Untuk pertanyaan ini, jawaban yang diberikan bukanlah benar atau salah. Anda hanya perlu menjelaskan apa saja yang membuatmu tertarik dengan bidang quality assurance, mengaitkan dengan pengalaman yang dimiliki, dan seterusnya.

2. Dokumen apa saja yang harus ada pada saat melakukan QA testing?

Dalam pertanyaan ini, Recruiter ingin mengulik lebih dalam pengalamanmu dengan dokumen tersebut. Jika tidak memiliki pengalaman sebelumnya, Anda cukup memberikan jawaban secara umum seperti test plan dan test casebug reportslaporan inspeksi dan lainnya. Jika sebelumnya Anda sudah pernah menjadi QA engineer dan berurusan langsung dengan dokumen testing, jelaskanlah pengalamanmu.

3. Apa perbedaan QA dan software testing?

Untuk pertanyaan ini, Anda harus bisa menjawab pertanyaan mengenai perbedaan antara software quality assurance dengan software testing. Bagi orang awam, software quality assuranc dan software testing terlihat mirip. Padahal, fokus keduanya cukup berbeda.

Anda bisa menjawab seperti, “Peran utama dari seorang software quality assurance adalah untuk mengawasi kualitas proses pembuatan software, sedangkan software testing berfokus dalam memastikan fungsionalitas produk sesuai dengan ketentuan user”.

4. Masalah apa yang biasa dihadapi oleh tim SQA saat melakukan pengujian?

Pertanyaan ini diajukan bukan untuk menguji apakah Anda tahu apa saja permasalahan yang biasa dihadapi oleh tim. Akan tetapi, recruiter hanya ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana Anda mengatasi permasalahan yang mungkin nanti terjadi suatu saat nanti.

Anda bisa memberikan jawaban “Ada beberapa permasalahan yang sering ditemui oleh tim. Biasanya, saya akan melakukan pengujian ulang demi memastikan agar hasilnya lebih optimal.

Baca juga : Soal Tes Quality Assurance yang Sering Ditanyakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat