Istilah UX Design yang Wajib Dipahami Desainer

Saat ini kebutuhan perusahaan akan profesi UX design semakin meningkat. Oleh karena itu, peluang bagi freshgraduate untuk bekerja dibidang yang satu ini cukup terbuka. Nah bagi Anda yang merupakan freshgraduate, wajib tahu dan paham nih tentang berbagai istilah yang ada di UX design. Yuk simak ulasannya.

Istilah UX Design

istilah ux design

Sumber Foto : berkarir.id

1. A/B testing

A/B testing biasanya disebut sebagai split testing yang merujuk pada sebuah proses penilaian desain dari produk. Orang yang menilai adalah pengguna dari produk tersebut dan diharuskan memilih salah satu dari dua desain produk yang ada. Hasil dari pemilihan pengguna tersebut akan dibandingkan dan dipilih mana yang lebih baik.

2. Data-driven design

data-driven design metode yang melibatkan data dan pengguna dalam pembuatan suatu produk. Data ini nantinya akan membantu desainer untuk memahami user.

3. Design thinking

Design thinking merupakan metode pemecahan masalah kreatif. Prosedur ini melibatkan pemahaman masalah yang dihadapi oleh para pengguna.  Jadi, produk yang nantinya akan dibuat tak hanya datang dari sudut pandang desainer.

4. Design sprint

Design sprint adalah salah satu proses menciptakan suatu produk yang memiliki target dalam 5 hari.

5. Human-computer Interaction

Sebenarnya istilah ini muncul dari sebuah studi yang bertujuan untuk mempelajari bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer.

6. Interaction design

Interaction design kerap disingkat menjadi IxD yang merupakan proses mendesain produk digital yang interaktif yang nantinya bisa menciptakan user experience yang baik.

7. Information architecture

Information architecture merupakan proses pengaturan informasi konten yang terdapat didalam aplikasi agar tidak membingungkan pengguna.

8. Mockup

mockup memiliki bentuk yang jauh lebih rapih dibandingkan wireframe. Namun, pengguna masih belum bisa berinteraksi dengannya karena hanya deretan gambar saja.

9. Persona

Persona merupakan tokoh fiksi yang diciptakan oleh UX design. Ia memiliki kepribadian layaknya pengguna produk dan membantu proses pemahaman user.

10. Prototype

Prototype merupakan pengembangan dari mockup dan sudah bisa digunakan untuk berinteraksi. Biasanya, prototype dibuat dalam sebuah aplikasi UI design.

11. User-centered design

User-centered design adalah sebuah proses desain produk. Hal ini disebutkan oleh Interaction Design Foundation.

12. User research

Merupakan sebuah proses riset pengguna yang biasanya terdapat dua jenis riset, yakni kualitatif dan kuantitatif.

13. Wireframe

Wireframe merupakan sketsa kasar seperti cetak biru alias blueprint dari suatu produk. Anda pun bisa membuatnya di papan tulis hingga kertas.

Baca juga : Mau Jadi UX Designer yang Andal? Pelajari Prinsip Material Design Ini

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat