Mau Bekerja di Perusahaan Besar? Simak Bocoran Pertanyaan Interview Software Developer ini

Pekerjaan di bidang IT memang memiliki jenjang karier yang menjanjikan, salah satunya adalah software developer. Nah jika Anda merupakan seorang IT Freshgraduate, TOG Indonesia menyarankan agar Anda mempelajari dulu pertanyaan interview software developer yang biasanya sering ditanyakan oleh perekrtut. Nah seperti apa sih pertanyaannya? yuk simak ulasannya.

5 Contoh Pertanyaan Saat Interview Software Developer

Interview Software Developer

Sumber Foto : ids.ac.id

1. Bahasa pemrograman apa saja yang kamu kuasai untuk membuat software?

Bahasa pemrograman adalah komponen terpenting yang harus Anda pelajari untuk membuat software aplikasi. Biasanya Anda akan ditanyai tentang bahasa pemrograman apa yang digunakan saat membuat software.

Terdapat beberapa jenis bahasa pemrograman seperti Java, Python, C#, PHP, swift, matlab, TypeScript, dan lain sebagainya. Anda harus menjelaskan jenis bahasa pemrograman yang paling dikuasai dan sebutkan keunggulannya.

2. Software apa saja yang pernah Anda buat?

Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini, Anda bisa menunjukkan hasil pembuatan software yang pernah dibuat sebelumnya beserta dengan portofolionya. Tak menutup kemungkinan, nantinya Anda akan ditanyai tentang masalah apa saja yang dihadapi saat melakukan software development.

3. Jenis framework apa yang biasa Anda gunakan untuk membuat software?

Framework  sangat dibutuhkan dalam memudahkan proses pembuatan dan pengembangan aplikasi software. Terdapat beberapa jenis framework yang bisa digunakan seperti Electron, Proton Native, django, Angular JS, dan lain sebagainya.  Anda harus menjelaskan salah satu jenis framework yang paling dikuasai dan alasan mengapa Anda memilih menggunakan framework tersebut.

4. Bagaimana cara kerja Anda dalam menciptakan sebuah software?

Pertanyaan yang satu ini pastinya akan menguji kemampuan Anda dalam menguasai proses pembuatan software. Pertama, jelaskanlah secara detail mulai dari proses riset dan analisis pasar atau kebutuhan pengguna, pembuatan framework dan desain, coding, hingga software tersebut berhasil dibuat. Jangan lupa untuk menyebutkan tools apa saja yang biasanya Anda gunakan untuk membuat software.

5. Mengapa Anda tertarik menjadi software developer?

Bagi yang sudah berpengalaman dan memang punya passion di bidang IT, tentu tidak kesulitan untuk menjawab pertanyaan ini. Anda bisa memberikan jawaban yang tegas dan meyakinkan, misalnya motivasi apa yang membuat Anda ingin mendalami pekerjaan software developer agar perekrut tertarik.

Itulah bocoran pertanyaan interview software developer yang bisa Anda pelajari sebelum melakukan interview nanti. Nah jika Anda merupakan seorang IT Freshgraduate dan ingin mencari lowongan dibidang IT, TOG Indonesia membuka lowongan kerja it yang mungkin sesuai dengan skill dan minat Anda.

Baca juga : Perbedaan Software Developer dengan Software Engineer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat