Mengenal Lebih Dalam Bahasa Pemrograman Rust

Bahasa pemrograman yang ada pada saat ini bisa dikatakan cukup beragam. Salah satu bahasa pemrograman yang saat ini semakin diminati adalah Rust. Tak sedikit developer perusahaan terkenal yang menggunakan bahasa pemrograman Rust seperti Mozilla dan Microsoft. Nah jika Anda tertarik dengan bahasa pemrongraman yang satu ini, yuk cari tahu lebih dalam.

Awal dari Bahasa Pemrograman Rust

Bahasa Pemrograman Rust

Sumber Foto : Bahasa Pemrograman Rust

Mulanya, Rust adalah sebuah proyek yang dibuat oleh Graydon Hoare pada tahun 2006, yang merupakan seorang developer di Mozilla. Namun karena mampu menawarkan performa sebaik C dan C++  dengan sintaks yang lebih mudah dipahami, bahasa ini semakin populer di kalangan developer. Akhirnya bahasa pemrograman ini resmi digunakan untuk membuat software untuk web, embedded computer, distributed service, dan juga command line.

Rust juga berfokus pada keamanan kode dan memiliki tool yang sangat mempermudah proses pembuatan sebuah software. Bahkan, Mozilla sendiri dibangun menggunakan Rust. Hal inilah yang membuat Rust digunakan oleh para software developer di Microsoft untuk membuat salah satu operating system yang saat ini sudah banyak dikenal.

Bahasa Pemrograman Rust VS  Bahasa Pemrograman Lain

1. Lebih aman dibanding C/C++

Keunggulan bahasa pemrograman ini adalah adanya fitur safe code. Dengan adanya safe code, objek yang ada didalam program bisa dikelola oleh bahasa pemrogramannya secara keseluruhan. Jadi, developer tidak harus memikirkan soal memori. Biasanya, objek itu sudah memiliki alokasi memori jadi kesalahan akses lokasi akan sangat minim terjadi.

Setelah usai, objek tersebut akan otomatis dipindahkan oleh sistem sehingga pemrogram tak perlu menggunakan cara manual untuk membuat ruang objek lainnya. Dalam menggunakan unsafe code, terkadang membutuhkan waktu untuk mendapatkan performa yang diinginkan. Anda bisa menulis dan mengatur unsafe code menjadi default safe code sehingga program bisa melakukannya secara otomatis.

2. Lebih canggih dibanding Bahasa Golang

Golang adalah bahasa pemrograman yang digunakan programmer untuk menulis low-level code. Makanya, hasil pemrograman yang dihasilkan dengan bahasa ini cenderung lebih sederhana.

Sebaliknya, Rust adalah bahasa pemrograman yang menawarkan kapasitas untuk pemrograman yang jauh lebih kompleks. Di bahasa pemrograman Golang, ada banyak fitur-fitur yang padahal penting namun tidak tersedia. Sementara, fitur-fitur tersebut tersedia di Rust mudah dimengerti penggunanya. Rust juga dikenal sebagai bahasa yang lebih efisien, cepat, dan tidak membutuhkan banyak memori.

Baca juga : Berapa Sih Kisaran Gaji Golang Developer?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat