PHP Developer, Profesi Dengan Gaji Tinggi yang Menjanjikan

Bahasa Pemrograman PHP yang populer ini, membuat skill para PHP Developer sangat dibutuhkan dalam perusahaan. PHP Developer sendiri merupakan profesi yang menjanjikan, dengan tawaran gaji yang cukup menggiurkan. Bagi orang-orang yang pernah belajar bahasa pemrograman, pasti tidak asing dengan istilah PHP. Serupa tapi tak sama, PHP merupakan bahasa pemrograman yang mirip dengan Javascript dan Python tapi berbeda dalam penggunaanya. Bahasa pemrograman ini populer digunakan dalam pembuatan dan pengembangan suatu web. Di dunia, cukup banyak website keren yang menggunakan bahasa pemrograman PHP, termasuk Wikipedia dan WordPress.

Di artikel kali ini, kami akan menjelaskan siapa itu PHP Developer, dan apa tugas dan tanggung jawabnya. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Mengenal PHP Developer

PHP Developer adalah seorang developer yang menguasai bahasa pemrograman PHP dan bertugas mengembangkan komponen back-end yang menghubungkan aplikasi dengan layanan web lainnya. PHP Developer juga bertanggung jawab dalam mengembangkan website dari sisi server, termasuk merancang database dan skrip-skrip. Tujuannya agar fungsi-fungsi, dan alur aplikasi web berjalan dengan optimal.

Tanggung Jawab PHP Developer

Di Indonesia, gaji seorang PHP Developer memang tergolong menggiurkan. Dalam sebulan, seorang ahli PHP bisa mendapatkan gaji sekitar Rp. 5 Juta – Rp. 8 Juta. Tidak semata-mata mendapatkan gaji besar saja, PHP developer pun tak luput dari penugasan, dan tanggung jawab yang cukup besar juga. Berikut tugas dan tanggung jawab PHP Developer.

  • Membuat modul PHP yang mudah dalam pengujian, dapat digunakan secara berulang, dan efesien.
  • Merancang alur website yang mudah diakses. Jika website memberikan pengalaman yang buruk, PHP Developer harus mencari cara lain yang membuat proses lebih efektif.
  • Mengintegrasikan elemen yang dikembangkan oleh front-end developer, serta integrasi solusi penyimpanan database, dan lain sebagainya.
  • Memberikan solusi pemecahan masalah bug dan penambahan fitur baru.
  • Harus dapat mengkonversi data dari berbagai format seperti ExcelACCESS, dan lain sebagainya ke dalam database yang sedang dikembangkan.

Keahlian PHP Developer

Tentunya menjadi seorang PHP Developer harus memiliki keahlian khusus yang dapat menunjang pekerjaannya sehari-hari. Seperti :

  • Seorang PHP Developer harus mempunyai pemahaman yang kuat tentang kerangka kerja PHP web.
  • Seorang PHP Developer harus memiliki pengetahuan tentang eksploitasi PHP dan web server yang umum dan solusinya.
  • Seorang PHP Developer memahami otentikasi pengguna dan otorisasi antara beberapa sistem, server, dan lingkungan.
  • Memahami dasar teknologi front-end seperti Javascript, HTML, dan CSS.
  • Memiliki kemampuan dalam membuat skema database yang mendukung proses bisnis, Keakraban dengan database SQL/NoSQL dan bahasa query.
  • Memiliki pengalaman di API pihak ketiga yang umum seperti Ebay, Google, Facebook, dan lain sebagainya.
  • Memahami pemrograman PHP berorientasi objek.

Baca Juga: Prospek Kerja dan Kisaran Gaji SQL Developer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat