Prospek Kerja dan Kisaran Gaji SQL Developer

Pengembangan aplikasi menjadi tren di era digital ini. Salah satu profesi yang populer dari tren tersebut adalah SQL developer (pengembang SQL). Structured Query Language (SQL) dikenal sebagai bahasa yang digunakan untuk mengakses, mengubah, dan memanipulasi data. SQL menjadi bahasa pemrograman sejak puluhan tahun silam, yang masih banyak digunakan

Seorang pengembang SQL merupakan orang-orang yang bergerak di bidang pembuatan, pengembangan, dan pemrograman aplikasi. Mereka yang berada di posisi ini memiliki kemampuan mumpuni di bidang bahasa pemrograman SQL. Di Indonesia, profesi ini memberikan peluang yang cukup luas. Di artikel kali ini kami akan membahas prospek kerja dan kisaran gaji seorang SQL developer. Simak ulasannya berikut di bawah ini.

Prospek Kerja SQL Developer

Selain menghasilkan, profesi SQL developer bisa dijadikan sarana untuk belajar. Selain mempelajari ilmu dasar SQL, profesi ini memungkinkan untuk memperdalam kemampuan dengan mempelajari query dalam SQL dan bahasa pemrograman lainnya. Perusahaan yang fokus di dunia maya membutuhkan posisi ini untuk membantu dalam pengembangan perangkat lunak hingga website, dan juga mengerjakan manajemen data. Itulah alasan mengapa profesi ini cukup banyak diincar oleh perusahaan.

Berapa Kisaran Gaji Seorang SQL Developer?

SQL developer memiliki tiga label yang bisa memudahkan dalam memahami profesinya, yaitu Entry-Level, Junior, dan Senior.

1. Entry-Level SQL

SQL developer pada label ini biasanya diperuntukkan bagi orang yang baru menyelesaikan perkuliahan. Bisa dibilang posisi ini adalah kelompok termuda dengan kemampuan bahasa pemrograman, dan pengalaman kerja yang masih minim. Gaji entry-level sedikit lebih rendah dibandingkan dengan gaji developer junior atau senior. Tentunya yang membedakan gajinya adalah tingkat keterampilan. Menurut Ziprecruiter.com, gaji seorang entry-level sekitar $5080 (Rp 73 Juta) perbulannya. Jumlah yang sangat besar bukan?

2. Junior SQL

Mereka yang  berada di posisi SQL Junior umumnya sudah memiliki cukup pengalaman dibandingkan dengan pemula. Untuk mengambil posisi junior setidaknya harus memahami bahasa pemrograman SQL. T-SQL, NoSQL, dan semua tool dan query yang terkait dengan SQL. Menurut situs Glassdoor.com, gaji seorang SQL sekitar $6400 (sekitar Rp 92 juta) perbulannya.

3. Senior SQL 

Mereka yang berada di posisi ini memiliki banyak pengalaman di bidang bahasa pemrograman. Seorang senior tentu memiliki tanggung jawab yang sangat besar, mulai dari proyek, hingga semua detail di dalamnya. Menurut Payscale.com, gaji seorang SQL senior berkisar $7440 (sekitar Rp 107 Juta) perbulannya.

Mengambil profesi sebagai SQL developer memang membutuhkan ketekunan, dan kesabaran dalam menjalankan proses pembelajaran yang cukup panjang. Sebagai motivasi bagi Anda yang mungkin ingin berkecimpung di dunia SQL atau profesi lainnya, percayalah bahwa kerja keras tidak akan menghianati hasil.

Baca Juga: Kisaran Gaji Ptyhon Developer dari Enrty Level Hingga Senior

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat