Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi yang Menjanjikan

Saat ini teknologi informasi mendominasi kebutuhan perusahaan, tak heran apabila SDM yang ahli di bidang ini sudah pasti juga sangat dicari. Salah satu bidang ilmu tersebut adalah sistem informasi. Nah bagi Anda yang sedang menempuh kuliah atau lulusan sistem informasi yang bingung ingin bekerja sebagai apa dibidang yang satu ini. Kali ini TOG Indonesia akan mengulas prospek kerja bagi lulusan sistem informasi yang bisa kalian lamar nanti, yuk simak ulasannya.

7 Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi

lulusan sistem informasi

Sumber Foto : accounting.binus.ac.id/

1. Business Analyst

Meningkatnya aplikasi IT dalam bisnis, membuat profesi Business Analyst juga semakin dibutuhkan perusahaan. Peran penting Business Analyst sangatlah penting, salah satunya menjadi penghubung antara manajemen dengan pemegang saham serta antara tim IT dengan user. Oleh karena itu, lowongan Business Analyst banyak dibuka oleh perusahaan di Indonesia.

2. Database Administrator

Tugas seorang Database Administrator adalah mengelola dan merapikan data perusahaan. Di Amerika Serikat, profesi ini mengalami peningkatan sebesar 11% sejak 2014 hingga 2024. Data yang disebutkan oleh Bureau of Labor Statistics ini melebihi rata-rata peningkatan profesi yang lain.

3. E-Commerce System Developer

E-commerce System Developer memiliki tugas yang cukup kompleks, meliputi alur sistem, tingkat keamanan, hingga UI dan UX sistem e-commerce perusahaan. Nah jika Anda tertarik dengan posisi ini, bangun dan kembangkan kecakapanmu untuk bekerja dalam tim sejak sekarang.

4. Information System Manager

Nah dipekerjaan yang satu ini, Anda akan diminta untuk mengendalikan sistem agar dapat mendukung proses bisnis perusahaan. Lebih dikenal sebagai IS Manager, tugas profesi ini mencakup perencanaan, instalasi, dan maintenance, termasuk menangani upgrade pada hardware dan software.

5. IT Manager

Untuk menjadi IT Manager, Anda diharuskan memiliki kemampuan manajemen yang baik. Tugas Anda nanti seperti membuat planning, koordinasi, dan mengarahkan kegiatan yang berkaitan dengan komputer dan sistem informasi di perusahaan. Anda bertanggung jawab dalam instalasi dan maintenance pada hardware, software, hingga network perusahaan tersebut.

6. Network Security

Saat ini di negara yang sudah maju, profesi Network Security merupakan salah satu dari enam jenis pekerjaan dibidang cyber security dengan bayaran paling tinggi.

7. Project Manager

Project Manager adalah penggerak seluruh anggota tim pada suatu proyek. Pada posisi yang lebih strategis, peran seorang Project Manager akan sangat menentukan keberlangsungan hidup suatu perusahaan.

Baca juga : Peluang Kerja IT Fresh Graduate di Indonesia

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat