Tips Ampuh Menjadi Web Developer yang Andal

Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan website untuk kepentingan branding bisnis mereka. Oleh karena itu, kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja ahli di bidang Web Developer sangatlah besar. Tak heran, banyak lowongan pekerjaan Web Developer yang dibuka dan pastinya peluang untuk bekerja di bidang ini sangatlah besar. Nah jika Anda tertarik untuk bekerja dibidang tersebut, tips Web Developer ini bisa Anda coba agar menjadi seorang Web Developer Andal yang banyak dicari perusahaan besar.

Tips Menjadi Web Developer

1. Memperlajari Bahasa Pemrograman Web

Ada beberapa bahasa pemrograman web yang bisa Anda pelajari seperti ;

  • HTML, adalah bahasa pemrograman web paling dasar dan wajib dikuasai. HTML adalah bahasa yang berfungsi untuk menciptakan tampilan web di browser. HTML juga membangun struktur tampilan web seperti header, content, footer, menu, dan sebagainya. Tetapi, jika ingin menciptakan tampilan yang jauh lebih baik, diperlukan bahasa lain yang berfungsi sebagai pelengkap bahasa HTML.
  • CSS, adalah bahasa yang melengkapi HTML. Tanpa CSS kita tak akan dapat menciptakan tampilan website yang menarik. CSS merupakan bahasa yang mengatur tampilan suatu web mulai dari warna background, tulisan, font, ukuran, dan sebagainya.
  • Bahasa scripting web yang dimaksud seperti PHP, ASP, ColdFusion, Python, dan lainnya. Bahasa pemrograman ini adalah bahasa yang akan kita gunakan untuk membangun aplikasi web. Kalau tadi HTML dan CSS adalah pembangun tampilan dari web tersebut maka bahasa scripting ini adalah pengontrol logika aplikasi web. Bahasa inilah yang menghubungkan aplikasi web kita dengan database dan mengolah input output dari aplikasi tersebut.
  • SQL, merupakan bahasa scripting database. Database adalah aplikasi pengolah data yang menyimpan data untuk digunakan bersama aplikasi web kita. Contoh database yang ada pada saat ini seperti MySQL, SQLite, Oracle, PostgreSQL, SQL Server, dan database lainnya. Anda juga harus mempelajari bahasa yang satu ini, karena akan memudahkan Anda dalam menyimpan, mengelola, dan memberikan output data dengan tersedianya fungsi-fungsi yang akan membantu Anda bekerja dengan database.
  • Javascript, bahasa scripting yang berjalan di browser. Bahasa ini tidak wajib untuk Anda kuasai, tetapi jika Anda ingin membuat web dengan efek animasi, dan web yang lebih interaktif maka javascript akan membantu Anda.

2. Mempelajari Teknik Penyelesaian Kasus-kasus Pemrograman Web

Dengan mengetahui teknik pemrograman dan penyelesaian kasus-kasus pemrograman web, Anda dapat lebih efektif dalam pemrograman aplikasi web. Contohnya bagaimana menghubungkan web dengan aplikasi lainnya, bagaimana mengakses database, dan beragam teknik lainnya.

3. Mempelajari Metode Pengembangan Web yang Baik

Ada banyak metode pengembangan seperti RUP, Agile, dan USDP tapi pada dasarnya mengfokuskan pada analisa, perancangan, pengembangan, dan pengujian. Anda bisa mencoba melakukan pengembangan aplikasi dengan tahapan-tahapan diatas.

4. Belajar mengolah gambar

Dengan gambar, Anda bisa memberikan informasi lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan mendeskripsikan dalam text yang panjang. Anda bisa belajar menggunakan Adobe Photoshop atau Adobe Firework yang merupakan software paling umum untuk keperluan gambar web seperti membuat gambar seperti icon, background, patern, dan gambar lainnya.

5. Gunakan Framework

Framework merupakan sekumpulan fungsi dan library yang bisa memudahkan pemrograman Anda. Tetapi, Anda harus menggunakan framework sesuai dengan bahasa pemrograman yang dipakai. Misalnya ASP menggunakan .NET Framework. Ruby dengan Rails Framework, Python dengan Django Framework, dan PHP yang lebih banyak lagi seperti Prado, Symfony, CakePHP, dan framework lainnya.

Baca juga : Tools Front End Developer ini Dijamin Bantu Pekerjaan Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat