Tips Kilat Belajar SQL Bagi Pemula, Dijamin Bisa

Structured Query Language (SQL) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer dan banyak dicari perusahaan. Untuk mempelajari SQL, siapapun pasti bisa jadi tidak selalu yang menempuh pendidikan sarjana ilmu komputer atau teknik informatika saja yang mempelajari bahasa yang satu ini. Jika Anda ingin bekerja di bidang data namun bukan dari lulusan IT, berikut cara kilat belajar SQL untuk pemula.

Tips Belajar SQL

Belajar SQL

Sumber Foto : Belajar SQL

1. Memahami Apa yang Dikerjakan SQL

Anda bisa mempelajarinya sendiri dengan membuka halaman Belajar SQL untuk mendapatkan gambaran tentang SQL secara menyeluruh dan apa yang bisa dilakukannya. Anda juga harus memperhatikan beberapa fitur yang terdapat pada bahasa yang satu ini, seperti;

  • SQL adalah bahasa database yang digunakan untuk mengakses, mengelola, dan memodifikasi data.
  • SQL developer secara teknisnya adalah seorang ‘programmer’ (pemrogram), namun, Anda tidak dapat menulis ‘program’ dengan SQL.

2. Memilih Kursus Belajar SQL Pemula yang Bagus

Kursus online memiliki beragam manfaat, yaitu:

  • Biasanya mempelajari sintaks, konvensi, dan fitur bahasa lainnya yang mudah diikuti.
  • Sebagian besar kursus online, memungkinkan Anda belajar SQL sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing peserta.

3. Membiasakan dengan Panduan Referensi

Jika sudah mengikuti kursus online, biasanya Anda akan menemukan konsep dan sintaks yang belum pernah dilihat sebelumnya. Ketika ini terjadi, Anda harus bisa mencari informasi lebih lanjut mengenainya lalu memahaminya lebih lengkap. Anda bisa mencari Referensi Oracle SQL. yang berisi hampir 500 halaman dengan informasi berkualitas tinggi yang akan mengajarkan Anda semua tentang SQL.

4. Pelajari Kode Error SQL Beserta Artinya

Selain menguasai dasar SQL, memecahkan masalah dan mengubah kode adalah sangat penting. Karena, dengan memahami kode error dapat membantu Anda untuk menemukan sumber masalah dan memperbaikinya dengan cepat.

5. Memahami Sistem Database yang Berbeda-beda

Anda perlu mempelajari beberapa jenis sistem database yang ada beserta cara kerjanya. Beberapa sistem database yang cukup populer antara lain;

  • Microsoft SQL Server
  • MySQL
  • Oracle
  • IBM DB2

6. Mengunduh Editor Kode

Sebagai pemula, Anda mungkin hanya akan bekerja dengan satu database saja, yang bisa menggunakan editor kode front-end asal (default). Contoh, sistem Oracle yang memiliki interface adalah SQL Developer, sedangkan sistem Sybase memiliki front end SQL Interaktif.

Namun, jika Anda diharuskan mengerjakan database yang berbeda, sebaiknya Anda mengunduh editor kode SQL yang kompatibel yang sesuai dengan beberapa sistem. Jadi Anda bisa menyimpan semua pekerjaan pada satu tempat.  Editor SQL multi-sistem, sumber terbuka yang cukup populer dan banyak digunakan adalah tool (alat) DBeaver Universal Database.

7. Mengerjakan Tantangan Kode

Terdapat banyak situs web yang memberikan tantangan kode SQL yang bisa Anda selesaikan. Sebagian besar tantangan ini dimulai dengan serangkaian instruksi yang jelas, dengan titik awal yang telah ditentukan dan tujuan akhir yang harus Anda capai. Salah satu situs web tantangan coding yang bisa Anda coba adalah HackerRank yang menawarkan berbagai macam tantangan coding SQL dan bisa diselesaikan kapan saja.

Baca juga : 5 Sertifikasi SQL Terbaik untuk Meningkatkan Karir Anda di Tahun 2021

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat