Tips untuk Cyber Security Analyst Saat Pertama Kali Bekerja

Sebagai cyber security analyst yang baru bekerja, penting untuk memastikan bahwa Anda siap untuk menghadapi minggu pertama Anda di tempat kerja. Apa saja hal penting yang harus disiapkan untuk menghadapi itu? Baca ulasan berikut untuk menghadapi posisi baru Anda dengan percaya diri.

Persiapan Minggu Pertama Sebagai Cyber Security Analyst

Cyber Security Analyst

sumber foto : information-age.com

Lakukan persiapan berikut ini untuk menghadapi minggu pertama Anda sebagai cyber security analyst.

1. Mempelajari statistik perusahaan

Apakah Anda bekerja bersama tim analisis risiko TI dari perusahaan besar, atau secara langsung di bawah CISO dari perusahaan kecil, Anda diharapkan untuk menangani berbagai daftar kebutuhan perlindungan data. Hal-hal yang perlu dilakukan, antara lain:

  • Tugas beresiko
  • Implementasi rencana remediasi
  • Pengembangan, pengelolaan, dan pemantauan sistem keamanan
  • Melindungi data, sistem, dan jaringan organisasi

2. Membiasakan diri dengan cara kerja perusahaan

Sebelum melakukan pekerjaan, biasakan diri Anda dengan sistem operasi dan aplikasi yang digunakan tim baru Anda. Jika Anda sudah mempelajari alat yang digunakan tim, Anda dapat mulai mengatur komputer, sistem operasi, dan berbagai hal terkait SOP perusahaan.

3. Menyiapkan sistem yang diperlukan

Saat Anda bergabung dengan tim baru, Anda harus menyesuaikan diri dengan seperangkat OS dan peralatan keamanan baru. Berikut beberapa cara untuk melakukannya:

  • Pelajari kembali sistem SIEM terbaru untuk memulai pekerjaan sejak hari pertama.
  • Biasakan diri dengan sistem yang menjadi tanggung jawab Anda, dan jenis tugas administratif harian di bulan pertama.
  • Ketahui alat Anda. Kit Firewall apa yang digunakan tim? Bagaimana perlindungan IDS /IPS mereka?
  • Up to date. Pada tahun 2018 rata-rata terdapat 80.000 serangan keamanan siber setiap hari dan terus bertambah. Sajikan nilai terbaru serangan keamanan siber pada tim Anda.

4. Mengelola rapat dengan baik

Di awal minggu, Anda bisa melakukan pertemuan pengarahan tim untuk mengenal tim analisis risiko, mengetahui berbagai ancaman pelanggaran, dan perubahan sistem dari kuartal terakhir. Biasakan diri Anda dengan cara-cara sebelumnya yang berhasil dicapai tim dan pelajari metode yang tidak Anda ketahui sebelumnya.

Saaat rapat perencanaan pertama dengan tim, Anda perlu menyimak bagaimana kinerja perusahaan terkait keamanan berbasis web, mengenali infrastruktur yang digunakan, dan menjalin kerja sama yang baik dengan rekan kerja.

Perlu diketahui juga, bahwa tidak ada “sistem aman”, yang ada hanya sistem yang lebih aman. Sebaik apapun keamanan yang dibangun, pelanggaran data keamanan siber tidak bisa dihindari di zaman sekarang.

5. Mengajukan pertanyaan

Beberapa contoh pertanyaan yang bisa diajukan, seperti:

Bahasa pemrograman apa yang digunakan oleh tim Risiko TI saat ini?

Program anti-malware, spyware, kontra-ancaman apa yang harus diketahui?

Kategori ancaman keamanan apa yang paling konsisten terhadap keamanan jaringan perusahaan- dan apa yang telah dilakukan untuk menguranginya?

Kapan audit keamanan terakhir kali dilakukan di jaringan perusahaan? Apakah itu mengungkapkan titik lemah tertentu dalam strategi tim?

Apa protokol perutean tim saat ini?

Tips lain yang tidak kalah penting adalah bersosialisasi dengan rekan kerja, temukan seorang mentor, dan berpikir seperti orang jahat yang akan melakukan pelanggaran data. Semoga sukses menghadapi minggu pertama sebagai cyber security analyst.

Baca juga : Prospek Kerja Cyber Security yang Sangat Menjanjikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat